07 April 2010

Sidoarjo-Bone Tuan Rumah

Babak Delapan Besar Divisi Utama 2009-2010

JAKARTA - PT Liga Indonesia (PT LI) akhirnya mengumumkan dua kota penyelenggara babak dela­pan besar kompetisi Divisi Utama musim 2009-2010. Dua kota itu ada­lah Bone dengan Sta­di­on Lapatau yang bakal menjadi tuan rumah grup A dan Sidoarjo dengan Gelora Delta akan menja­di tempat laga grup B. Me­nurut rencana, babak delapan besar mulai digelar pada 28 April.

Empat tim yang tergabung di grup A adalah Semen Padang, Per­si­ba Bantul, Persikabo/Mojokerto Putra, dan Raja Ampat sebagai tuan rumah. Sedangkan di grup B, ada Persipasi Bekasi, Persidafon Dafonsoro, Persibo Bojonegoro, dan Delta Putra Sidoarjo (Deltras) sebagai tuan rumah.

CEO PT LI Joko Driyono menya­ta­kan, Sidoarjo dipilih menjadi salah satu tuan rumah karena di­ang­gap memiliki infrastruktur ter­baik di grupnya. "Untuk grup A, memang PT LI yang ambil alih dan me­nen­tukan Bone. Tim-tim yang mengajukan diri se­ba­gai tuan rumah dari grup itu tidak ada yang me­menuhi syarat dari segi infrastruk­tur," ujarnya.

Menurut dia, penetapan dua kota itu sudah melalui pertim­ba­ngan matang. "Kenapa kami pilih Bone, karena tempatnya netral. Kalau kami tempatkan di Jawa, seolah-olah kami memberi kesem­pa­tan kepada Persiba dan Persikabo/Mojokerto Putra. Jika kami pilih Su­matra, seolah-olah Semen Padang yang mendapat ke­untungan. Maka, al­ternatif terbaik ya di Sulawesi. Kami kira, Stadion Lapatau, Bone, me­menuhi syarat," sambungnya.

Untuk grup A, stadion pendam­ping yang dipakai adalah Stadion Mattoangin, Makassar. Sedangkan stadion pendamping grup B adalah Stadion Petrokimia Gresik.

Selain mengumumkan tuan ru­mah babak delapan besar, PT LI mem­­bocorkan lokasi babak semi­fi­nal dan final. Pria asal Ngawi itu me­nyebutkan dua kota di Pulau Jawa, yaitu Solo dan Jogjakarta.

"Meski Gelora Delta Sidoarjo men­jadi stadion paling memenuhi sya­rat di babak delapan besar, kami ingin menggelar babak semifinal di stadion yang kualitasnya lebih ba­gus. Sepertinya, Solo (Stadion Ma­na­­han) punya kans lebih besar. Se­lain infra­struktur, netralitas jadi per­timbangan," ungkap Joko. Babak se­mifinal dan final direncanakan ber­langsung pada akhir Mei. (ali/c13/diq)

0 komentar:

Poskan Komentar

Salam Damai Bersaudara


Geotoolbar